Pelantikan Ketua dan Anggota KPU Kema FPsi Tahun 2022.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Senin (28/11)- Keanggotaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dirampungkan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Kema FPsi UNM tahun 2023.

A. Rezky Pratama atau akrab dengan sapaan Eky selaku Ketua KPU Kema FPsi UNM menyebutkan bahwa saat ini tercatat 15 orang anggota KPU yang terdiri dari angkatan 2018-2021.

"Untuk anggota KPU sekarang sudah ada 15 orang, 3 orang dari angkatan 2018, 5 orang dari angkatan 2020, dan 7 orang dari angkatan 2021,” sebutnya.

Selanjutnya, Eky menjelaskan bahwa setelah anggota KPU dirampungkan, maka langkah selanjutnya akan diadakan pembekalan terkait Pemilu dengan tujuan menambah wawasan anggota KPU Kema FPsi UNM.

Plan (baca: rencana) pertama yang akan dilakukan yaitu mengadakan pembekalan terkait Pemilu terhadap anggota KPU sebelum berjalannya seluruh agenda Pemilu Kema FPsi UNM,” jelasnya.

Eky menambahkan bahwa pembekalan Pemilu akan meliputi sistem dan tata cara pelaksanaan, aturan dan interpretasi yang ada di Pemilu, serta sharing session terkait kendala atau masalah yang terjadi pada Pemilu periode sebelumnya.

“Muatan materinya secara garis besar tentang Pemilu seperti sistem dan tata cara pelaksanaan, terkait aturan dan interpretasi Pemilu Kema FPsi UNM, sharing session tentang kendala Pemilu periode sebelumnya,” tambahnya.

Terkait metode pelaksanaan Pemilu, Eky mengungkapkan bahwa saat ini anggota KPU sedang mendiskusikan hal tersebut, namun terkait sosialisasi Eky menjelaskan bahwa akan dilaksanakan sosialisasi secara blended (luring dan daring).

“Untuk metode pelaksanaan Pemilu masih didiskusikan sama teman-teman KPU. Terkait sosialisasi, KPU periode ini selain menggunakan sosial media, juga akan memasuki ruangan tiap kelas untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu,” ungkapnya.

Dalam seminggu ini, Eky memaparkan bahwa KPU akan berfokus pada rancangan timeline agenda Pemilu dan rapat terkait pemungutan suara telah dilangsungkan pada hari Jumat (25/11) lalu serta pembekalan akan berlangsung pada Minggu (27/11).

“Untuk progres minggu ini berfokus ke rancangan timeline agenda pemilu dan pembekalan, pada Jumat tanggal 25 anggota KPU melakukan diskusi terkait metode pemungutan suara dan pembekalan akan dilaksanakan hari Minggu tanggal 27 dan ,” paparnya.

Akhir kata, Eky menyampaikan harapannya kepada anggota KPU Pemilu Kema FPsi UNM tahun 2023 agar tetap bertahan sampai akhir dan dapat menghasilkan calon anggota Maperwa dan calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema FPsi UNM yang terbaik. Teruntuk masyarakat Kema, Eky berharap agar dapat lebih banyak berpartisipasi dalam Pemilu yang akan diselenggarakan kedepannya.

“Untuk KPU periode ini, apapun rintangan dan halangan kedepannya tetaplah bertahan sampai akhir. Untuk seluruh masyarakat Kema, kedepannya semoga lebih banyak lagi pemilih dari periode lalu dalam Pemilu. Terakhir, harapan KPU periode ini, semoga kedepannya menghasilkan calon anggota Maperwa dan calon Presiden BEM yang terbaik,” tutupnya. (028)

Posting Komentar