Serah Terima Jabatan WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang Baru, Muhammad Idkhan (kiri) di Ballroom Theater Lt. 3 Menara Phinisi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Jumat (04/10)- Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) menyinggung alasan dirinya mengistirahatkan Eks Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Sukardi Weda, dalam prosesi pelantikan pejabat dan serah terima jabatan di lingkungan UNM yang terlaksana di Ballroom Theater Lt. 3 Menara Phinisi UNM pada Jumat (04/10) pagi ini.

Husain Syam, selaku Rektor UNM dalam sambutannya menyampaikan bahwa pergantian WR III ini sebagai bentuk penyegaran dari sebuah organisasi yang sehat. Menurutnya ada tuntutan yang belum bisa diselesaikan oleh WR III seperti Lembaga Kemahasiswaan (LK) UNM, Darah Daeng, Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) UNM, dan prestasi mahasiswa UNM yang kian menurun dan belum dapat diatasi oleh Sukardi Weda selaku Eks WR III.

"Saya sudah minta agar dihadirkan itu Lembaga Kemahasiswaan tapi tidak bisa dilakukan, kemudian lakukan seleksi MTQ tingkat universitas dan berbagai program studi dan jurusan, prestasi UNM kian menurun tiga tahun terakhir, ini semua yang ingin saya wujudkan kembali melalui penyegaran," ucapnya. 

Lebih lanjut, Rektor UNM menjelaskan bahwa pemberhentian Sukardi Weda sebagai WR III tidak dilakukan secara tiba-tiba, semua melalui proses evaluasi dan rapat bersama dengan pimpinan lainnya sehingga ditetapkannya A. Muhammad Idkhan selaku WR III yang baru.

"Jadi bukan tiba-tiba, ini dikomunikasikan dengan baik. Saya panggil lalu saya sampaikan kita' (baca: Eks WR III) istirahat dulu sambil saya carikan kita tempat yang tepat bagi kita'. Prosesnya itu panjang sudah lama kita cari-cari siapa yang memiliki talenta itu lalu saya panggil semua Dekan, WR yang non-WR III untuk membicarakan, semua Dekan sepakat Idkhan. Jadi saya tidak pernah sendiri mengambil keputusan," jelasnya saat diwawancarai usai serah terima jabatan di depan Ballroom Theater Gedung Menara Pinisi UNM.

Dalam sejarah UNM, pergantian selama masa jabatan ini tidak pernah dilakukan, akan tetapi kali ini Rektor UNM mengaku melakukan hal tersebut demi organisasi UNM yang lebih baik kedepannya.

"Memang di UNM ini baru kali pertama terjadi itu dan baru saya melakukan dan bisa juga termasuk orang yang tidak terbiasa dengan situasi itu, saya biasanya bertahan dengan kondisi apapun tapi kali ini saya melakukan demi organisasi Universitas Negeri Makassar kita yang lebih baik. Percayalah tidak ada niatan yang tidak baik, semua adalah saudara, semua adalah teman, semua adalah sahabat," ungkapnya. 

Selain itu, Rektor UNM juga menyampaikan rasa bangga dan hormatnya kepada Sukardi Weda atas jasa-jasanya dalam menjalankan posisi WR III selama dua tahun ini.

"Saya selaku Rektor pimpinan UNM mewakili seluruh civitas academica tentu menyampaikan terima kasih dan apresiasi sangat tinggi kepada semua pejabat yang baru saja kita ganti dan telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, kami merasakan rasa bangga dan hormat atas jasa-jasa yang telah diberikan untuk kemajuan Universitas Negeri Makassar," tuturnya.

Akhir kata, Rektor UNM menitip pesan kepada WR III yang baru untuk menghadapi tantangan yang lebih besar lagi, bisa mengkomunikasikan dengan baik, dan bisa menyelesaikan tuntutan-tuntutan yang diberikan.

"Kepada pak WR III yang baru tetap kita hadapi tantangan yang ada, kita komunikasi dengan baik sehingga insyaAllah semua bisa berjalan dengan baik, dan mampu menjalankan fungsi-fungsi yang diberikan," tutupnya. (HF)

Posting Komentar