Ilustrasi Pemilu.
Sumber: Google

Psikogenesis, Rabu (09/11)- Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Fit and Proper Test bagi mahasiswa calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (08/11) kemarin.

Kegiatan yang bertempat di Baruga Kemahasiswaan FPsi UNM tersebut diikuti oleh 15 orang pendaftar dari beberapa angkatan. Muh. Riyadh Ma'arif selaku Ketua Komisi III Maperwa Kema FPsi UNM menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk menyeleksi calon anggota KPU nantinya.

"Agenda malam hari ini yaitu kita melakukan Fit and Proper Test bagi calon komisaris KPU untuk ditetapkan siapa yang berhak untuk menjadi calon anggota KPU itu sendiri," jelas mahasiswa yang akrab disapa Riyadh ini.

Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2019 ini menambahkan bahwa kegiatan Fit and Proper tersebut juga bertujuan untuk melihat sampai sejauh mana pengetahuan yang dimiliki calon anggota KPU agar kedepannya dapat diberikan pembekalan.

"Dan kemudian dari hal ini kita melihat dimana saja yang kurang (baca: terkait kepemiluan) kemudian nanti diberikan pembekalan agar nantinya teman-teman dari KPU itu sendiri bisa memiliki kemampuan ataupun pengetahuan yang baik terkait kepemiluan," tambahnya.

Riyadh mengatakan bahwa terkait penyeleksian, pihaknya akan sebisa mungkin memaksimalkan jumlah anggota yang diterima.

"Itu masih menjadi perbincangan yang akan dilakukan teman-teman di Komisi III, tapi kalau kita melihat saat ini dimana awalnya kita menargetkan maksimal 17 orang, jadi kita akan memaksimalkan yang 15 orang ini," ucapnya.

Riyadh juga menambahkan bahwa dirinya berharap agar tidak akan ada yang digugurkan. Terkait kekurangan-kekurangan yang ada akan dimaksimalkan melalui pembekalan nantinya.

"Semoga saja tidak ada yang digugurkan, melainkan nanti akan diberikan pembekalan, jadi saya rasa nantinya kekurangan yang ada bisa ditambahkan pada saat pembekalan nanti," tambahnya.

Setelah kegiatan ini, Riyadh menyampaikan bahwa dari Komisi III Maperwa Kema FPsi UNM akan mengumumkan dan melantik Ketua KPU terpilih.

"Langkah selanjutnya, tentunya kami akan melantik Ketua KPU yang akan ditunjuk langsung oleh Maperwa setelah melihat hasil dari Fit and Proper Test ini, insyaAllah malam ini (09/11) sudah ada hasilnya," sebutnya.

Terakhir, Riyadh berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja calon anggota KPU nantinya dan dapat dapat berdampak pada meningkatnya partisipasi dari masyarakat Kema untuk berpartisipasi dalam Pemilu yang akan diadakan.

"Kami harap dengan adanya restorasi dalam pelaksanaan seleksi calon komisaris anggota KPU ini bisa berdampak baik terhadap kinerja dari KPU dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan melalui KPU dapat meningkatkan pastisipasi masyarakat Kema dalam mendaftarkan dirinya sebagai calon Presiden BEM (baca: Badan Eksekutif Mahasiswa) Kema FPsi serta meningkatkan kualitas dan kuantitas pemilih sendiri," tutupnya. (PHS)

Posting Komentar